Pengertian Adopsi Inovasi
Inovasi adalah gagasan, tindakan atau tekhnologi, termasuk barang yang dianggap baru oleh seseorang.
Adopsi merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh seseorang terhadap suatu inovasi sejak mengenal, menaruh minat, menilai sampai menerapkan.
Peranan Komunikasi dalam Adopsi Inovasi
Dalam kegiatan penyuluhan diutamakan komunikasi informative dan komunikasi persuasive, sedangkan komunikasi entertainment hanya digunakan sebagai unsur penunjang.
Sistem Adopsi Inovasi
System adopsi inovasi adalah kesatuan fungsi dari unsur-unsur seperti; tahap adopsi, sifat inovasi, katagori adapter, factor-faktor yang berpengaru, dan peranan penyuluh.
Kecepatan Adopsi Inovasi
Kecepatan adopsi inovasi ditentukan beberapa variable bebas, sbb; Sifat inovasi, Jenis keputusan inovasi, Saluran komunikasi,Ciri-ciri system social, Kegiatan promosi, Peranan waktu dalam proses adopsi inovasi, Karakteristik adopter.
Peranan Penyuluhan dalam proses Difusi Inovasi
Peranan penyuluhan dalam usaha memperlancar proses difusi inovasi menurut Margono (1978) adalah; Menumbuhkan kebutuhan untuk perubahan menuju kondisi yang diinginkan, Membangun hubungan yang semakin erat antara penyuluh dan adopter, Mendiagnosis permasalahan yang dihadapi adopter, Menumbuhkan keinginan-keinginan adopter menjadi suatu tindakan nyata, Menumbuhkan keinginan-kenginan yang belum terpikir sebelumnya, Memperkokoh perubahan-perubahan yang telah berlansung/terjadi untuk memungkinkan adanya tindak lanjut, Memutuskan hubungan untuk perubahan, dimana adopter mampu berdiri/berubah sendiri.
Pengaruh Adopsi Inopasi terhadap perubahan social dan konsekwensi inovasi
Perubahan social terdiri dari tiga tahap yaitu; invensi, Difusi, konsekwensi
Akibat (konsekwensi)adopsi inovasi
Secara sederhana konsekwensi dapat dibagi menjadi; Diinginkan dan tidak diinginkan, Konsekwensi fungsional dan disfungsional, Lansung dan tidak lansung.
Inovasi adalah gagasan, tindakan atau tekhnologi, termasuk barang yang dianggap baru oleh seseorang.
Peranan Komunikasi dalam Adopsi Inovasi
Dalam kegiatan penyuluhan diutamakan komunikasi informative dan komunikasi persuasive, sedangkan komunikasi entertainment hanya digunakan sebagai unsur penunjang.
Sistem Adopsi Inovasi
System adopsi inovasi adalah kesatuan fungsi dari unsur-unsur seperti; tahap adopsi, sifat inovasi, katagori adapter, factor-faktor yang berpengaru, dan peranan penyuluh.
Kecepatan Adopsi Inovasi
Kecepatan adopsi inovasi ditentukan beberapa variable bebas, sbb; Sifat inovasi, Jenis keputusan inovasi, Saluran komunikasi,Ciri-ciri system social, Kegiatan promosi, Peranan waktu dalam proses adopsi inovasi, Karakteristik adopter.
Peranan Penyuluhan dalam proses Difusi Inovasi
Peranan penyuluhan dalam usaha memperlancar proses difusi inovasi menurut Margono (1978) adalah; Menumbuhkan kebutuhan untuk perubahan menuju kondisi yang diinginkan, Membangun hubungan yang semakin erat antara penyuluh dan adopter, Mendiagnosis permasalahan yang dihadapi adopter, Menumbuhkan keinginan-keinginan adopter menjadi suatu tindakan nyata, Menumbuhkan keinginan-kenginan yang belum terpikir sebelumnya, Memperkokoh perubahan-perubahan yang telah berlansung/terjadi untuk memungkinkan adanya tindak lanjut, Memutuskan hubungan untuk perubahan, dimana adopter mampu berdiri/berubah sendiri.
Pengaruh Adopsi Inopasi terhadap perubahan social dan konsekwensi inovasi
Perubahan social terdiri dari tiga tahap yaitu; invensi, Difusi, konsekwensi
Akibat (konsekwensi)adopsi inovasi
Secara sederhana konsekwensi dapat dibagi menjadi; Diinginkan dan tidak diinginkan, Konsekwensi fungsional dan disfungsional, Lansung dan tidak lansung.
Tidak ada komentar: