Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Jelas dan ringkas

Perbendaharaan kata Istilah teknis yang digunakan dalam keperawatan,kebidanan, dan kedokteran jika digunakan untuk berkomunikasi dengan klien akan mengakibatkan klien menjadi bingung dan tidak mampu mngikuti petunjuk informasi yang diberikan. Oleh karena itu sampaikanlah informasi dengan bahasa yang dimengerti oleh klien.

Jeda dan kesempatan bicara

Perawat sebaiknya tidak berbicara dengancepat sehingga informasi yang disampaikan menjadi jelas, tapi juga tidak berbicara dengan jeda terlalu lama karena akan menimbulkan kesan perawat menyembunyikan sesuatu dari klien.

Arti denotatif dan konotatif

Denotatif adalah kata yang memiliki pengertian yang sama terhadap kata yang digunakan, sedangkan konotatif merupaka pikiran, perasaan, atau ide yang terdapat dalam satu kata. Misalnya kata serius bagi pasien akan berarti mendekati kematian tapi tidak dengan perawat. Perawat akan menggunakan kata kristis untuk menjelaskan hal tersebut.

Waktu dan relevansi

Perawat atau bidan dan juga dokter harus peka terhadap ketepatanwaktu untuknerkomunikasi. Walaupun pesan disampaikan dengan jelas dan singkat, tapi tidak disampaikan pada waktu yang tepat (misalnya saat klien sedih, menangis, atau kesakitan) dapat menghalangi penerimaan pesan secara tepat.

Humor

Sullivan dan Deane (dalam Purba, Jenni M., melalui situs http://malstin2007.blogspot.com/2008/04/komunikasi-dalam-keperawatan.html.) melaporkan bahwa humor dapat merangsang produksi hormone katekolamin dan hormone lain yang menimbulkan perasaan sehat, meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit, mangurangi ansietas, memfasilitasi relaksasi pernapasan, dan juga menutupi kemampuan untuk berkomunikasi dengan klien.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top